Thursday, July 9, 2015

Anak cerdas dengan musik

ANAK CERDAS DENGAN STIMULAS MUSIK !

Anak cerdas sangat penting

Musik bisa menjadi 'obat' mengatasi kejenuhan yang dirasakan orang dewasa. Bagi anak-anak pun, nyatanya musik juga berhubungan dengan kecerdasan mereka.

anak cerdas
anak cerdas dengan musik
Seorang praktisi neurosains terapan bernama Anne Gracia mengatakan di dalam proses mendengar pada prinsipnya sudah terjadi tiga tahapan. Tahapan tersebuy yakni udara diubah menjadi mekanik berupa getaran, dari getaran diubah menjadi mekanik cairan, dan kemudian perubahan mekanik cairan akan masuk ke saraf yang kemudian menyampaikan pesan ke otak. Anak cerdas akan dipengaruhi oleh ini.


"Itu baru mendengar. Ketika dia memberi respons pada musik akan lebih heboh lagi pekerjaan otaknya karena kan butuh identifikasi dulu ini musik jenisnya apa. Dia juga merambat ke sisi emosi, lalu ke sisi batang otak ke degup jantung. Jadi otak sudah begitu banyak bekerja dengan hanya baru mendengar bunyi," kata Anne ditemui usai talkshow 'Merangsang anak cerdas Melalui Musik' di Graha Unilever, Jl Jend Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (7/7/2015).

Ketika mendengarkan musik, lanjut Anne, pilihan respons anak baik yang sudah ada di memorinya atau berupa refleks berdasarkan degupan jantungnya adalah sebuah proses pengambilan keputusan tersendiri dari otak. Maka, dapat dikatakan bahwa salah satu dasar anak cerdas / otak encer bisa didapat melalui stimulus musik dan respons yang diberikan anak.

Untuk waktu tepat memperdengarkan musik pada anak, Anne menyarankan baiknya kembali lagi pada prinsip degupan jantung. Misalnya, sehabis bangun tidur, tak ada salahnya memperdengarkan musik dengan nada semangat dan energik. Siang hari, ketika suasana umumnya membuat seseorang ngantuk, boleh juga perdengarkan anak musik yang menyemangati mereka.

"Saat malam hari, beri lagi musik yang bisa menurunkan degup jantungnya, supaya istirahat. Dari volume juga berpengaruh, supaya otak rileks. Musik menjadi salah satu cara musik orang tua merangsang kecerdasan awal anak. Jadi dari sekadar mendengar musik lalu anak merespons baik dengan suara atau gerak itu tanda  anak cerdas ," tutur Anne.

Artikel ini diambil dari beberapa sumber. Detik.com, blog anak cerdas  dll. Baca juga artikel yang bermanfaat di blog ini tentang influenza pada anak. Juga tentang anak bahagia.

2 comments:

  1. Sangat bagus sekali memang musik itu. Selain musik juga lantunan ayat al quran juga bagus buat mencerdaskan otak anak. Bahkan sejak janin dalam kandungan sering2lah perdengarkan alquran..

    ReplyDelete