Friday, October 16, 2015

Ajari anak 1 tahun bicara

Setiap anak akan merasa sangat gembira apabila dia bisa melakukan hal - hal yang belum pernah dia lakukan dalam hidup. Misalnya berjalan, bicara, mandi, makan, menulis, bernyanyi dll. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana langkah - langkah sederhana mengajari anak berbicara.

Pembahasan kali ini difokuskan untuk anak usia 1 tahun. Pada usia ini anak sudah mulai mengucapkan kata - kata tertentu. Misalnya mama, num num, baba, kaka, yaya dan lainnya. Berikut tips - tips dalam mengajarkan anak berbicara.
  1. Untuk mengajari anak bicara maka gunakanlah lah lagu. Dengan nyanyian anak akan mudah menerima kosakata. Misal lagu topi saya bunda. Nyanyikan di depan anak dengan memperagakan tangan. "Topi (sambil megang kepala), saya (sambil memegang dada/badan), bundar ( sambil membuat lingkaran di udara ) dan seterusnya".
  2. Berikan alat peraga seperti gambar huruf alfabet yang ditempel pada dinding. Tunjuk hurufnya dan ucapkan bunyi hurufnya. Si anak akan mengikutinya. Pasti menyenangkan.
  3. Berdialog dengan anak. Mintalah anak meneruskan kosakata terakhir dari kata yang diucapkan. Misal "satu, dua, ti ....". Nanti anak akan bilang "gaa..". Atau bilang "ayah dan bun ...". Anak akan bilang "da....".
Demikian artikel tentang mengajari anak bicara dengan sederhana. Cobalah di sela - sela waktu senggang anda. Lakukan di saat sore atau pagi hari. Lakukan berulang kali. Jangan putus asa ketika anak susah bicara. Semua butuh proses. Selamat mencoba. 

No comments:

Post a Comment